Muka bengkak akibat sakit gigi

Pagi dok, jadi saya kan habis kecelakaan gigi depan saya patah separo. jadi karna tidak sempat ke dokter gigi akhirnya saya nambal gigi sama tukang gigi. Beberapa minggu setelah itu gigi saya suka berdarah lama kelamaan bengkak. Bengkak area hidung. Lalu di beri obat deksametason dengan paracetamol sama dokter umun di puskesmas. Karna saya alergi obat antibiotik seperti amoksilin, antalgin, ibupropen, asampenamat. Lalu sampai obat yg deresepkan habis bengkaknya hilang. Tapi saya masih belum sempat menemui dokter gigi lagi untuk cabut gigi, karna saya di kampung untuk menemui dokter gigi harus ke RS di kota. Lalu muka saya kembali bengkak di beri obat yg sama oleh dokter umum. Tapi saya minum obat itu mlah semakin bengkak. Saya konsul lagi ke dokter. Lqlu saya di beri tambahan obat CTM dengan obat yg sebelumnya trus di habiskan. Tapi mlah semakin bengkak. Akhirnya saya ke dokter gigi di beri obat lagi Clindamycin. Tapi muka saya malah semakin menyebar bengkaknya sampai saat ini.. Saya bingung harus minum obatnya lagi atau tidak. Trimakasih dok

Comments

Muka bengkak akibat sakit gigi

Hai Emenita,

Turut prihatin mendengar kasusnya Emenita. 

Jadi gigi yang patah, atau lubang yang sudah mengenai pulpa atau syaraf gigi, akan terkena infeksi dari bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Nah bakteri inilah yang berkembang didalam pulpa tersebut dan akan terus bertambah banyak yang hanya bisa ditangani dengan pencabutan atau perawatan syaraf gigi.

Jika akses untuk pencabutan gigi tidak mudah. Maka untuk sementara waktu harus mengkonsumsi antibiotik yang memadai, sambil mencari jalan untuk pencabutan gigi dengan dokter gigi. Jika hal ini tidak dilakukan, maka masalah terhadap gigi ini tidak akan pernah hilang karena bakteri yang berkembang tersebut tidak akan mati oleh obat yang diminum.

Demikian kiranya saran saya untuk Emenita, untuk meminum antibiotik yang diberikan dan langsung usahakan segera ke dokter gig terdekat.

Terima kasih.

Add new comment