Bau Mulut - Halitosis

Anda pernah mengalami bau mulut? Atau anda pernah merasakan bau mulut seseorang?
Bau mulut atau Halitosis adalah suatu kondisi dimana aroma tak sedap yang keluar dari mulut saat bernafas. Bau mulut terbagi 2, yaitu Halitosis dan Halitophobia. Halitosis adalah bau yang timbul karena berbagai macam sebab, mari kita simak masing- masing penjelasannya:

Sisa makanan

Sisa makanan yang terselip diantara gigi akan terurai oleh air liur dan melalui proses pembusukan akan menimbulkan bau tak sedap.

Gigi berlubang / gigi busuk

Gigi busuk yang sudah masuk ke dalam saluran akar akan terjadi proses infeksi kronis yang menimbulkan bau tak sedap

Karang Gigi

Banyaknya karang gigi yang masuk kedalam gusi sehingga proses penumpukan plak menimbulkan bau tak sedap.

Lidah

Lidah merupakan organ yang memiliki permukaan tidak rata karena banyaknya tonjolan- tonjolan seperti jamur, sehingga memudahkan sisa makanan menempel dilidah. Jadi kita tahu bahwa lidah perlu dibersihkan. Namun ada berberapa teknik yang dapat dliakukan karena lidah merupakan organ yang sensitif.  Adapun tekniknya adalah sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan sikat gigi - Letakkan sikat gigi di paling belakang mungkin, kemudian sikat lidah mengarah kedepan sekali saja.
  • Atau dengan menggunakan tongue scrapper, dengan teknik sama dengan menggunakan sikat gigi, hanya saja lakukan SEKALI SAJA.

Lambung

Lambung adalah organ pencernaan yang dapat menimbulkan bau tak sedap jika proses pencernaan tidak dalam kondisi prima, sehingga bau tersebut ikut keluar melalui rongga mulut.

Untuk menanggulangi bau mulut ini, perlu dilihat penyebabnya. Dan konsultasikan bau mulut anda ke dokter gigi terdekat untuk solusinya. Halitophobia adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa dirinya memiliki bau mulut. Namun sebenarnya bukanlah dikategorikan bau mulut, melainkan hanyalah secara psikologis. Untuk hal ini perlu dilakukan perubahan persepsi diri.
 
Semoga bermanfaat..