Diet untuk menjaga gigi tetap sehat

Tubuh kita memiliki satu pintu untuk memasukkan semua vitamin, energi, karbohidrat, dan lain-lain, yaitu Mulut. Dan semua yang masuk kedalam mulut, baik secara sengaja atau tidak akan bersentuhan atau mengenai gusi dan gigi.

Pada umumnya, gigi / mulut sering dilakukan beberapa hal yang tidak lagi asing bagi kebanyakan orang, seperti kawat gigi/ behel, atau tambalan gigi, bahkan implan gigi atau gigi palsu. Sehingga apa yang anda makan perlu diperhatikan dan dibawah terdapat beberapa tips umum bagaimana menghindari masalah gigi .

Kondisi pada pengguna Behel / Braket yang melekat mudah terlepas, atau sulit dibersihkan pada jenis makanan dibawah : es batu popcorn permen permen karet wortel , apel, pir dan buah yang keras, dan batang sayuran mentah jagung biskuit kacang- kacangan Pizza bagel atau roti keras Untuk memakan makanan diatas.seperti jagung atau iga sapi, potong-potonglah terlebih dahulu, atau apel, wortel potong-potong hingga ukuran kecil dan dapat langsung dikunyah. Beberapa saat setelah perawatan kawat / behel, cobalah untuk makan makanan lunak , hingga terbiasa.

Seperti makanan dibawah ini: havermut sup sayuran atau sup atau krim lembut haluskan Keju lunak, makanan penutup dan smoothie kue dan krim daging lunak kentang rebus es krim atau yoghurt Roti ( microwave atau uap untuk melunakkan ) ayam rebus tahu pasta dan mie Masalah yang sering timbul pada gusi Gigi goyang, sulit mengunyah, gusi berdarah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter gigi untuk menentukan penyebab masalah. Sementara anda belum sempat pergi ke dokter gigi, maka makanan lunak adalah pilihan tepat. Masalah yang sering timbul di mulut Mulut KERING bukan merupakan bagian normal dari penuaan . Jika Anda menderita mulut kering, periksakan ke dokter gigi. Karena mulut kering bisa menjadi tanda suatu penyakit atau efek samping dari suatu pengobatan atau perawatan medis.

Jadi jika Anda menderita mulut kering : Hindari merokok atau minum alkohol Minumlah air lebih banyak di antara waktu makan secara teratur dan Hindari minuman yang mengandung kafein , seperti kopi dan teh Kunyahlah permen tanpa gula untuk merangsang aliran air liur dengan mengunyah permen karet bebas gula Dan makanan yang menimbulkan rasa sakit di mulut kering adalah :makanan pedas dan asin Sariawan / Luka tergigit / tertusuk / terbakar TIDAK ADA OBAT untuk ulkus / luka di mulut, namun anda dapat menghindari makanan yang mengiritasi mulut Anda. Makanan pedas dan makanan asam seperti cabai, acar dan jeruk buah dapat mengiritasi .

Jika Anda memiliki luka / sariawan, maka untuk meringankan ketidaknyamanan ketika makan. makanlah makanan lunak seperti: Susu skim dan produk susu lainnya Sayuran kalengan Kentang rebus Oatmeal dan krim gandum sereal panas Selai kacang krim kue dan krim Orak-arik atau telur goreng tahu sup Implan dan bedah mulut Pada prosedur pembedahan atau implan gigi memerlukan ekstremitas diet gizi, dan mulut tidak dapat berfungsi secara normal, dan lamanya tergantung pada faktor waktu pemulihan. Diet makanan cair atau lembut sampai mulut bisa dibersihkan dengan baik, mungkin perlu beberapa hari atau lebih.

Vitamin , mineral dan nutrisi yang dibutuhkan untuk penyembuhan, termasuk Zinc, protein dan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan daging tanpa lemak, dan telur. Cobalah makanan seperti dibawah ini. Cobalah makanan ini : ikan Oatmeal Sup sayuran Keju kue dan krim kentang rebus es krim dan yoghurt beku yogurt ayam rebus tahu Silahkan mencoba.