Flossing / Membersihkan Sela Gigi

Flossing adalah bagian penting dari merawat gigi dan gusi. American Dental Association merekomendasikan flossing setidaknya sekali sehari untuk membantu menghilangkan plak dari daerah antara gigi Anda di mana sikat gigi Anda tidak dapat membersihkannya. Hal ini penting karena plak yang tidak dihapus oleh menyikat gigi dan flossing akhirnya dapat mengeras menjadi kalkulus atau tartar. Flossing juga membantu mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.


Apa Waktu Terbaik untuk Floss-Sebelum atau Setelah Menyikat?
 
Pada musim semi 2015 MouthHealthy melakukan jajak pendapat. “Apakah mereka sikat sebelum atau setelah mereka floss. Hasilnya: 53% mengatakan mereka sikat sebelumnya, sementara 47% mengatakan setelah.
 
Jadi siapa yang benar? Secara teknis, semua BENAR. Hal yang paling penting tentang flossing adalah melakukannya. Selama Anda melakukan floss menyeluruh, tidak peduli kapan anda memilih waktu untuk anda menambahkan beberapa menit ke perawatan gigi Anda. Orang yang terlalu lelah pada malam hari dapat memilih untuk flossing di pagi hari atau flossing setelah makan siang. Atau yang lain mungkin ingin pergi ke tempat tidur dengan mulut bersih.
 
Dan jangan lupa, anak-anak perlu benang juga! Anda harus flossing gigi anak segera setelah ia memiliki dua gigi itu. Karena flossing memerlukan ketangkasan manual dimana anak-anak lebih mahir dalam hal tersebut, anak-anak biasanya belum mampu lakukan sendiri hingga mereka berusia 10 atau 11.
 
Perlu diingat bahwa flossing seharusnya tidak menyakitkan. Jika benang anda terlalu keras, maka bisa merusak jaringan antara gigi Anda. Jika benang terlalu lembut, mungkin anda tidak dapat  mengeluarkan makanan. Itu normal untuk merasa tidak nyaman ketika Anda pertama kali mulai flossing, tapi jangan menyerah. Dengan menyikat gigi dan flossing setiap hari, ketidaknyamanan akan berkurang dalam satu atau dua minggu. Jika rasa sakit Anda berlanjut, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.
 

Apa yang Harus Saya Gunakan untuk Floss?

Ada beberapa pilihan untuk membersihkan sela-sela gigi. Anda dapat memilih untuk menggunakan benang gigi atau produk lain yang khusus dibuat untuk tujuan ini seperti pick gigi, pra-threaded flosser, kuas kecil yang mencapai antara gigi, flosser air atau remover plak kayu. Meminta dokter gigi Anda bagaimana menggunakannya dengan benar untuk menghindari melukai gusi Anda. Bisa jadi Anda hanya perlu mencoba jenis lain dari benang gigi-wax, unwaxed, atau benang tebal. Tetap teruskan dengan pilihan itu dan Anda akan memiliki kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. (ADA)