Mengenal Gingivitis (Penyakit Gusi)

Gingivitis berarti 'peradangan pada gusi'. Ini adalah saat gusi di sekitar gigi menjadi sangat merah dan bengkak. Seringkali gusi bengkak berdarah ketika mereka disikat selama pembersihan.

Semua penyakit gusi disebabkan oleh plak. Plak adalah bakteri yang terbentuk di permukaan gigi setiap hari. Banyak bakteri di plak memang tidak berbahaya, tetapi ada beberapa yang telah terbukti menjadi penyebab utama penyakit gusi.

Penyakit gusi biasanya tidak menyebabkan rasa sakit sehingga seiring waktu semakin memburuk dan Anda tidak memperhatikan kerusakan yang telah terjadi. Namun terkadang bakteri berperilaku lebih aktif dan ini membuat gusi Anda sakit. Hal ini dapat menyebabkan abses gusi, dan nanah dapat keluar dari sekitar gigi. Selama beberapa tahun, tulang yang menopang gigi bisa hilang. Jika penyakit ini tidak ditangani untuk waktu yang lama, pengobatan bisa lebih sulit.

Selalu kunjungi @dentassure untuk konsultasi perawatan permasalahan gigi dan gusi Anda maupun artikel menarik dental lainnya.

Sumber: Oral Health Foundation - Gum Disease