Mengenal Pertumbuhan Gigi Anak

Gigi susu atau gigi sulung adalah gigi yang sering terabaikan oleh banyak orang tua kepada anak- anaknya. Baiklah kita mengenal lebih dalam seluk beluk gigi susu ini. Gigi susu terbentuk dari benih gigi-geligi, baik gigi susu maupun gigi tetap, dan pembentukannya telah terjadi sejak bayi berada di dalam kandungan ibu?

Pertumbuhan gigi dimulai sejak usia 6-8 bulan dan diawali dengan pembentukan bagian email yang berwarna putih, lalu diikuti oleh dentin yang berwarna agak kekuningan. Selanjutnya adalah bagian pulpa yang berisi jaringan saraf dan pembuluh darah. Kemudian gigi erupsi dengan sempurna, diikuti dengan penyempurnaan bentuk akar gigi.

Pertumbuhan gigi terjadi dimulai pada usia 6 bulan namun dapat berbeda-beda antara bayi. Ada bayi yang berumur 8 bulan tapi belum mempunyai gigi satupun, ada juga bayi yang berumur 5 bulan dan giginya sudah tumbuh. Tetapi tidak perlu khawatir jika gigi susu tidak kunjung tumbuh, untuk merangsang gigi erupsi, orangtua sebaiknya membiasakan si kecil menggigit-gigit sesuatu. Yang digigit bisa berupa mainan dengan ukuran cukup besar agar tidak tertelan, konsistensi yang kenyal/keras dan yang terpenting dibuat dari bahan tidak beracun. Bila saatnya gigi susu tumbuh, ada beberapa gejala yang dapat dikenali. Misalnya, gusi gatal sehingga si kecil sering memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Gejala lain yang mungkin timbul, yaitu gusi akan agak berwarna kemerahan di mana gigi yang akan tumbuh tersebut, ada yang demam, ada yang banyak berliur, dll.

Dalam hal perawatan agar tetap sehat dan kuat adalah dengan menjaga gigi tetap selalu bersih dan tidak terdapat makanan atau minuman ( susu ) dalam waktu yang cukup lama terdapat dalam mulut. Juga dengan biasakan untuk kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Selamat memiliki gigi sehat.